v a n i a ~
Cara Mudah Belajar Hangeul
Kamis, 26 Januari 2017 • 09.46 • 0 comments



안녕!

Ada yang bisa baca hangeul di atas gak? hehe, nah kalau belum kalian beruntung karena kali ini vania akan mengajarkan kalian cara agar dapat menulis dan membaca hangeul dengan baik dan benar pastinya. Hal paling utama yang harus kalian miliki adalah niat itu yang utama dan terutama =D pasti yang baca artikel ini kpopers semua vania sok tahu komen bias kalian dong loohhh Hahaha


Vania curhat dikit yah :P

Pertama aku mulai belajar hangul itu waktu awal-awal suka sama boygroup/girlgroup, semua tentang idola rasanya ingin sekali dipelajari bahkan dikuasai. Contoh sederhananya tulis nama bias wkwk dulu waktu belum tahu hangeul suka nyontek sama om google :v tapi setelah belajar bagaimana membaca dan menulis hangul hanya dengan beberapa detik uda bisa membaca bahkan menulis nama bias kita dengan benar yang paling penting haha =D

Sebenarnya banyak manfaat loh kalo kita sudah tahu cara baca hangul, misalnya :


  •  kalo kita chatting sama korang korea gak perlu dikit-dikit pake jasa google translate
  • dapat mengajarkan kepada sesama kpopers yang belum tahu kkkkk
  • gak perlu baca lirik yang romaji
  • bisa nonton variety/reality show yang belum ada eng sub (hrs tahu b.korea walaupun hnya dikit =D)
  • dan masih banyak lagi
Okey, kita mulai yuks! jangan lupa siapkan polpen dan catatan kalian~

Nah, yang pertama itu kalian harus tahu dulu macam-macam huruf korea yaitu: Ga Na Da Ra Ma Ba Sa A Ja Ca Ka Ta Pa Ha. Supaya lebih gampang menghafalnya, vania saranin dengerin lagu Like Ga Da Na by Akmu =D lagunya keren dijamin langsung hafal :v



Nah, gambar di atas itu adalah huruf-huruf konsonan tunggal yang harus kalian hafal, cara satu-satunya yang memang harus di hafal, gak susah kok hanya perlu latihan menulis beberapa kali sambil menghafal. Supaya lebih jelas, vania kasi contoh lagi di bawah ini :



ㄱ = g
ㄴ = n
ㄷ = d
ㄹ = r
ㅁ = m
ㅂ = b
ㅅ = s
ㅇ = ng
ㅈ = j
ㅊ = c
ㅋ = k
ㅌ = t
ㅍ = p
ㅎ = h

Ini untuk yang vokalnya :
Untuk yang pemula, fokus dulu pada vokal dasarnya yang barisan paling atas. Okey, vania kasi contoh lagi


vokal dasar

ㅏ = a
ㅑ = ya
ㅓ = eo
ㅕ = yeo
ㅗ = o
ㅛ = yo
ㅜ = u
ㅠ = yu
ㅡ = eu
ㅣ = ee (baca i)

vokal yang lain

ㅐ = ae
ㅒ = yae
ㅔ = e
ᅪ = oa
ᅫ = oae
ᅬ = oe
ᅯ = wo
ᅰ = ue
ᅱ = wi
ᅴ = ui

Setelah kalian hafal huruf-huruf di atas, cobalah mulai untuk menggabungkan huruf konsonan dan huruf vokal. Sama seperti b. Indo ketika kita belajar membaca g + a = ga korea juga seperti itu.

Agar lebih mudah, kita coba saja ga, gi, gu, ge, go.

ga = Gabungan huruf g dan a, kalian sudah hafalkan bentuk huruf g dan a, kalau sudah tinggal digabungkna ㄱ + ㅏ = 가.

Seterusnya seperti itu. Intinya kalian harus hafal, yang utama hafal dulu huruf konsonan dan huruf vokal dasarnya.

gi = ㄱ + ㅣ= 기
gu = ㄱ + ㅜ = 구
ge = ㄱ + ㅔ = 게
go = ㄱ + ㅗ = 고

Contoh kata : Jagiya~ yang artinya sayang~ ehem. Ketika kalian ingin mengirim katalk pada pacar korea kalian ehem ehem ehem gak mungkin dong pake romaji =D kalian harus pake hangeul, nah cara tulisnya seperti yang telah diajarkan tadi. Ingat! harus hafal :P

Ja =  ㅈ + ㅏ = 자
gi = ㄱ + ㅣ= 기
ya = ㅇ + ㅑ = 야

Jadinya 자기야~ tinggal ditambah lope lope wkwk


Cat : untuk ya, yi, yu, ye, yo gunakan huruf  'ㅇ' dan huruf vokal yang diinginkan

Contoh di atas aku rasa sudah cukup jelas untuk cara penulisannya.

Nah~ tadi di atas contohnya hanya untuk gabungan dua huruf bagaimana jika gabungan tiga huruf bahkan empat???

Jangan dulu pusing yah guys :v

Untuk gabungan tiga huruf sama kok caranya, langsung kasi contoh aja yah supaya lebih jelas.
Contohnya: Sarang atau dalam b. indo Cinta


Sekalian aja saranghae yah =D

Sa = ㅅ + ㅏ = 사
Rang =  ㄹ + ㅏ+ ㅇ = 랑
Hae =  ㅎ + ㅐ = 해

사랑해~ 

Khusus untuk gabungan tiga huruf, huruf  'ㅇ' bukan lagi dibaca ya, yi, yu, ye, yo melainkan dibaca 'ng'. Perhatikan pada contoh saranghae bagian 'rang'

Annyeong! I'm Sarang too^^

 Loh! Chu Sarang main muncul aja =D
Kita masuk pada gabungan empat huruf yah guys, intinya sih sama tinggal digabung-gabungkan eits tapi huruf yang dipakai harus tepat yah jangan sampai salah, itu akan 'salah arti' atau mungkin 'artinya tidak ada' :v

Contoh Kata : Gwaenchana yang artinya tidak apa-apa

Gwaen = ㄱ + ㅗ + ㅒ + ㄴ = 괜
Chan = ㅊ +ㅏ+ ㄴ+ ㅎ = 찮
Ah = ㅇ +ㅏ= 아

괜찮아

Ingat! cara nulis urutan hurufnya harus berurut yah baik nulis biasa maupun ketik apalagi, urutannya harus sesuai~

Aku rasa sudah cukup postingan kali ini, intinya sih semua huruf harus kalian hafal, rajin-rajin nulis hangeul dan yang paling penting harus latihan menyanyi lagu-lagu korea dan tentu saja liriknya harus hangeul kalian boleh mulai dari lagu-lagu slow ballad seperti pada albumnya kyuhyun ama yesung wkwk =D dan menurut aku yang lebih simple itu baca liriknya pake hangeul karena kenapa gengs(?) karena katanya tuh makin pendek dan otomatis mata dan otak kita gak buang tenaga untuk baca :v nah lama-kelamaan kalo udah agak lancar kalian coba-coba aja nyanyiin lagu-lagu rap yang tentunya pake lirik hangeul contohnya lagu-lagunya Superbee, Myundo whoo dab dab wkwk aku jamin sensasinya beda banget kalo kalian pake lirik hangeul.

Okey... sekian dari vania guys! see ya at another post. byeee~

Label: ,


Posting Komentar


PASTFUTURE
Hey
[Hi guys,now you are in kpop area. I'm just an ordinary kpop fan who addicted to kpop XD I hope you enjoy being here and dont forget to leave your footprint at my cbox]

Walkie Talkie



My Status
Online 24/7 but I'm not a robot =D
My Story

D' Credits
Basecode : Inspirit's Baby
Template : Alia Eyra